Langsung ke konten utama

Kota Thaif Saudi Arabia - Kereta Gantung Thaif di Tengah Gunung Berbatuan

KOTA THAIF & ASH- SHAFA _ SAUDI ARABIA

Kerajaan Saudi Arabia, terbesit pasti negara yg panas dengan di sekitarnya terdapat banyak gurun pasirnya. Yup bener! Udara yang panas dan tekstur tanah pun berpasir. Tapi ada juga loh daerah yang sejuk dan tidak terlalu jauh dari Jeddah yaitu namanya Kota Thaif. Ada juga beberapa daerah dingin lainnya yang ada di Saudi Arabia ini. Tapi saya lupa nama daerahnya apa aja hehehe. Kota Thaif ini juga pernah menjadi saksi dakwah dan perjuangan dari Rosullullah Muhammad SAW beserta para sahabatnya. Dimana pada saat berdakwah ajaran Islam, Rosul di usir sampai dilempari batu oleh penduduk Thaif. Tetapi Rosul tetap sabar, tabah dan terus berdoa untuk mendapatkan pertolongan dari Allah SWT.

Sekarang Kota Thaif ini sebagai wisata religius untuk napak tilas perjuangan Rosullullah Muhammad SAW dan juga sebagai tempat wisata bermain. Di sana banyak wahana anak-anak (playground), bisa menunggang kuda atau unta, ada waterpark, ada cablecar atau kereta gantung di thaif yang anti mainstream :D  Untuk menuju Kota Thaif dari Jeddah membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Jalanan untuk menuju kesana berkelok-kelok dengan tikungan yang tajam. Hebatnya jalanannya itu mulus banget! wuih kalo liat ke bawah sih rasanya serem-serem gimana gt karena gunung berbatuan yang disulap menjadi akses jalan untuk ke thaif. Mumtaz!

Jalan untuk menuju Kota Thaif

Suami sebelumnya sudah pernah kesini duluan. Dan udah nyobain kereta gantung ala thaif yang menguji adrenalin hahahaha.. Saat kita bareng kesana suami berulang ulang nanyain "yakin mau naik kereta gantungnya??"hahahaa..Tuh liat deh tali gantung keretanya melintas diantara gunung berbatuan yang juga menjadi akses jalan untuk ke Thaif serta talinya naik turun di antara jalanan yg berkelok- kelok itu 🙈😅 seyeemmm...

Dan saya pun memutuskan untuk gak jadi naik kereta gantung Thaif.. hahahaha.. berhasil ya pak! :D (gak jadi bindeng deh ya telinganya ;P) ini foto suami waktu dulu dia naik kereta gantungnya. Untuk menaiki kereta gantung letaknya disamping Hotel Ramada. Hotel Ramada akan dijumpai pada saat kita sudah mulai ada di puncak. Untuk tarif biaya kereta gantungnya sebesar SR 80. Disini juga terdapat waterpark tapi karena kami memang belum merencakan ke waterparknya jadi kami melanjutkan perjalanan ke Ash-Shafa.

Saat diperjalanan kita bisa melihat kereta gantung yang sedang melintas

Ada wahana menarik kan di jeddah! hihihi.. gak melulu soal wisata religiusnya hehehe.. ke thaif itu rencananya mau ke Ash- Shafaa yang terletak tidak jauh dari kota Thaif, kebun binatangnya sama ke taman bunga. Tp karena hari sudah kemalaman dan bunganya pun sudah gak terlihat jadinya di cancel deh ke taman bunganya ahahaha..

Ash- Shafa merupakan daerah kecil yang terletak tidak jauh dari Kota Thaif, menurut saya sih udara lebih dingin dibandingkan Thaifnya sendiri. Karena terletak di atasnya Thaif sehingga udara pun lebih sejuk. Perjalanan menuju Ash-Shafa banyak di jumpai playground dari yang gratis sampai yang berbayar. Kami tidak sempat untuk mencoba playgroundnya karena mengejar waktu untuk ke Ash- Shafa. Kalo di Indonesia bisa di ibaratkan itu seperti di daerah puncak Bogor. Puncak dengan udaranya yang dingin dan ada wisata keluarga untuk anak-anak. Mungkin itu sebabnya beberapa Turis Arab suka untuk pergi ke puncak kalo di Indonesia :D (eh gak ada relasinya ya hahaha)

Perjalanan menuju Ash-Shafa

Masih lebih terlihat banyak pepohonan di banding di Jeddah sih ya :D walaupun disekitarnya tetap tanah yang berpasir dan bebatuan. Udaranya pun sejuk bgt,.Waww berasa bukan di Arab Saudi deh hehehe.. Saya pun mau icip naik unta disini, kalo kuda kan sudah biasa di Indo. Biar berasa timur tengahnya ya naik unta deh ya ;P Awalnya sih maunya naik unta itu bertiga sm anak
dan suami. Tapiii suami malah ngerjain saya hahaha setelah saya dan anak naik, suami malah gak mau naik ...huuuuuuuu jadilah kita doang yang naik..Awalnya gak ada perasaan takut atau apa sih, santai aja.. Saya naik ke untanya dengan pegang air mineral kecil takut anak sy haus jadi sy bisa kasih minum, tapi yang menuntun untanya itu ngomong "moya, moya" saya pikir kenapa dg moya? terus suami hampirin kita, si penjaganya masih ngomong "moya mama".. Kata suami "oh itu kamu jgn bawa air mineralnya" Yasudah deh saya kasih ke suami. Tapi sy pikir kenapa gak boleh bawa air mineral, kecil ini ko botolnya. Kemudian saya sedikit di bimbing untuk pegang besi di badan depan untanya dengan tangan kanan dan pegang anak saya dengan tangan kiri. Oke lah! Setelah itu..yihaaaa.. Unta pun siap bergerak untuk naik.. ternyataaa unta itu kalo dari duduk mau naik itu posisinya nungging (menukik) banget. Jadi berasa mau jatoohhh, pegang besi sekencang-kencangnya hahaha, mana tangan kiri jg harus pegang kenceng anak pulakk! pantess aja tuh penuntun untanya minta saya gak bawa air mineral hahahaha..Ini lah penyebabnya dalam keadaan untanya mau naik, kita harus pegang erat besinya spy gak jatohh karena gak ada pengamannya bok! yg tadinya mukanya santai berubah jd agak panik :D Cukup sudah sy naik unta bareng anak yess pak! berikutnya sang misua aja yg nemenin deh ya hahahaha.

Lagi dibimbing nih :D

Berusaha Keep SMILE :P

Hamparan pasir dengan unta & kuda yang bisa kita naiki
Setelah kami naik unta dilanjutkan perjalanan menuju ke Kebun Binatang Ash-Shafaa. Hari sudah makin menjelang malam, tetapi masih di buka ko untuk malam hari karena kebiasaan orang lokal untuk berpergian dimulai sore hari, banyak tempat wisata masih buka hingga malam hari. Ekspektasi kami kebun binatang Ash-Shafaa banyak lah ya hewan-hewannya yang bisa kita lihat. Jeng jengg jengg tidak sesuai ekspektasi huhuhuu... Saya masuk ke dalamnya itu malah seperti kaya pasar malam tuh hahahaha, ada sirkusnya, ada kandang-kandang burung tapi burungnya gak ada di dalam situ hahaha..Entah karena sudah malam atau memang gak banyak hewan di dalam situ. Jadinya kita gak menelusuri jalan sampai ke dalam, cuma jalan-jalan di depannya aja. Dan di dalam kebun binatang itu jg ada wahana permainan anak yang berbayar cuma saat kita kesana masih tutup karena istrahat adzan maghrib. Cuma foto sebentar dan beli snack untuk mengisi perut yang udah mulai kelaperan, lalu kami lanjut ke Thaif untuk makan. Suami kalo ke Thaif biasanya makan di Restoran Turki, dan biasanya kalo ke tempat selain Jeddah, memang carinya Restoran Turki, karena rasa yang sesuai di lidah
juga enak dan ada nasinya hihiihi.. Kami kesana pas bgt adzan Isya berkumandang, jadinya nunggu dulu deh
Kebun Binatang Ash-Shafa
setengah jam di mobil..hehehe.. Restoran Turki ini namanya Restoran Roman. Pastinya kalo ke Restoran Turki pesen daging kambing dan lainnya. Kalo di saudi ngolah daging kambing itu enak bgt! gak ada bau plengusnya. Seperti makan daging sapi aja. Dan gak ketinggalan pesen Jus Roman (buah delima) superrr enak.. dg gelas yang lumayan besar, kenyang deh minum 1 gelas penuh ;D Disini juga banyak buah delima, buahnya besar-besar. Jadi kalo beli jus di tempat jus suka beli buah delima, karena kan jarang ya ada di indo hehehe.. Makanan khas turki pasti berbagai macam daging dengan dibawahnya ada nasi dan di pinggirnya ada kentangnya juga. Kita makannya bisa sharing dengan yang lain karena 1 porsi itu buanyak. Tinggal kalo kurang nasi bisa pesen lagi :D (Indonesiaah sekali). Perut kenyang, tenaga pun ada lagi hohoho

Makanan Khas Turki

Di Thaif kami menyempatkan ke masjid yang pernah menjadi salah satu sejarah pada saat Rosulullah Muhammad SAW hijrah ke Thaif dan di usir oleh penduduk setempat dengan dilempari batu-batu. Masjid ini kabarnya pernah dijadikan tempat Shalat oleh Rosulullah. Kalo orang setempat menyebutnya dengan Masjid Kou. Masjid ini kecil dan lebih mendekati mushola karena tempatnya yang kecil dan dengan melihat masjid ini saja kita sedikit tau perjuangan Rosullah Muhammad SAW yang sungguh luar biasa untuk agama islam dan umatnya.. Setidaknya ini menjadi pengingat untuk kita supaya lebih meningkatkan iman dan takwa kita sebagai umat Rosulullah Muhammad SAW yang sudah diperjuangkan oleh beliau. Sekarang masjid ini hanya digunakan sebagai peninggalan sejarah saja, tidak dipakai untuk shalat.

Tampak depan, diatasnya itu banyak bebatuan, Katanya Rosulullah Muhammad SAW di lempari batu-batu dari mulai di atas sana sampai kebawah dan berlari menjauhi dari orang-orang yang melempari batu 😢

Dalam musholanya gelap ini cuma pake penerangan lampu handphone aja

Tampak lebih dekat

Kebayang kan perjuangan Rosulullah Muhammad SAW sewaktu hijrah dari kota Mekkah Ke kota Thaif. Kangen mau main ke Thaif sama Ash-shafa lagii.. Masih ada masjid yang menjadi sejarah juga yang belum kita datengin namanya Masjid Abbas. Nay juga masih mau naik unta lagi, bisa lah jadi alasan sm pak misua berkunjung kesini lagi ahahahaha ;P

Postingan populer dari blog ini

Toko Indonesia di Jeddah - Serba Serbi Jeddah

Kalau udh pernah tinggal di Jeddah pasti tau deh toko sembako yang jual produk indo hehehe...Yup! Namanya Toko Singaparna.. Berbagai macam produk yang ada di indo hampir semua ada..dimulai dari saos, bumbu racik, bumbu rempah-rempah (jahe,kunyit,lengkuas, daun salam, sampe keluwek jg ada), tempe, tahu, dan kerupuk yang macem-macem jenisnya. Jadi mau masak makanan indo pun gampill bumbunya tersedia hehehe Tinggal di Jeddah sih gak terlalu kangen sm masakan indo, krn disini hampir semua makanan indo banyak dijual. Tapiiii kalo yg masak bukan org indonya rasanya aneh! hahahaha.. Nah Tastenya itu yang bikin kangen hihihiii (kalo kata suami yg tinggal 😜)  Di Toko Singaparna itu harga tempe mentah SR 3, kalo disini sih dibilangnya segitu harganya ya murah. Jangan dibandingin di indo harga tempe 3rb atau 4rb jg udh dpt heehhee..Toko Singaparna yang punya katanya sih orang Tasik kerjasama dengan orang saudi. Kalo di Saudi ,orang asing yang membuka toko di sana harus kerjasama dengan pe

Review chikal catering

Dalam persiapan pernikahan biaya yg paling besar ya di catering ini, jd pintar2 lah memilih catering yang sesuai dg budget kita loh ya..Jgn sampe nombok atau ngutang walaupun godaan pgn ini itu besarrrr bgtt (gw jg prnh rasain itu ko :D ) finally pilihan gw jatuh pd chikal catering karena : 1. lokasi chikal catering gak jauh dari rumah jd lbh enak mobilenya  2. Harga nya masuk budget 3. Banyak review chikal terpercaya dan gak mengecewakan customernya 4. Pilihan dekornya bervariasi, banyak pilihan  5. Rasa makanannya lumayan enak Oke, kita review satu2 ya : Untuk dekorasi chikal di cawang kencana bagus sesuai dengan request, sayangnya untuk dekorasi penerima tamu dari rekanan foto chikal, republik gambar maupun bantuan dari saudara gak ada yg foto, padahal bagus dan sesuai dengan request gw minta di tutup pake kain utk relief gambarnya. Kita bahas untuk dekorasi akad nikah dicawang kencana. Cawang kencana ada semacam auditorium dibawah untuk bisa dijadikan akad nikah. G